Minggu, 29 November 2015

Refraktometer

Refraktometer Indeks Bias 

A. PENGERTIAN REFRAKTOMETER

Indeks bias suatu zat adalah perbandingan cepat rambat cahaya dalam hampa udara (c) terhadap cepat rambat cahaya dalam zat tersebut (v), atau perbandingan sinus sudut datang terhadap sinus sudut bias. Harga indeks bias berubah-ubah tergantung pada panjang gelombang cahaya dan suhu.
            Refraktometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur indeks bias suatu zat. Definisi indeks bias suatu zat adalah perbandingan cepat rambat cahaya dalam ruang hampa (c) dengan cepat rambat cahaya dalam zat tersebut (n). Hal ini disebabkan oleh redaman osilasi dari atom-atom dalam medium tersebut. Jika cahaya masuk dari suatu medium ke medium lain frekuensi cahaya tidak  berubah tetapi cepat rambatnya akan berubah. 



Faktor-faktor yang mempengaruhi indeks bias:

a)      Suhu.
“semakin tinggi suhu maka semakin renggang molekul zat/sampel sehingga indeks bias zat/sampel semakin kecil.

b)      Tekanan.
“semakin besar tekanan maka kerapatan molekul dalam zat/sampel semakin rapat sehingga indeks bias zat/sampel semakin besar .

c)      Density(berat jenis).
“semakin besar density maka kerapatan molekul dalam zat/sampel semakin rapat sehingga indeks bias zat/sampel semakin besar .

Macam-macam refraktometer:
·        Hand Sugar Refraktometer.
Refraktometer ini tidak bisa menentukan indeks bias tapi hanya bisa menentukan kadar/konsentrasi.

·        ABBE Refraktometer.
Merupakan refraktometer standar yang dapat digunakan untuk menentukan indeks bias suatu larutan sekaligus dapat menentukan kadar gula suatu larutan.
 

B. GAMBAR DAN KETERANGAN 

1. REFRAKTOMETER ABBE 
Hasil gambar untuk GAMBAR REFRAKTOMETER ABBE

2. REFRAKTOMETER HAND SUGAR
  Bagian-bagian Refraktometer

Gambar 2. Bagian-Bagian Refraktometer
a.      Day Light Plate
Day light plate terbuat dari bahan kaca. Fungsi komponen tersebut ialah mencegah prisma tergores oleh debu atau benda asing, dan agar sample yang diteteskan pada prisma tidak jatuh atau tumpah.
b.      Prisma
Prisma merupakan komponen yang sensitive terhadap goresan. Prisma berfungsi untuk membaca skala atau indeks bias dari zat terlarut dan mengubah cahaya polikromatis menjadi monokromatis.
c.      Knop Pengatur Skala
Knop pengatur skala berfungsi untuk mengkalibrasi alat dengan menggunakan aquades. Cara kalibrasi yaitu obeng minus diletakkan pada knop pengatur skala, lalu diputar-putar hingga specific grafity (rapatan jenis) menunjukkan hasil 1.000.
d.      Lensa
Lensa pada refraktometer berfungsi untuk memfokuskan cahaya dan berada dalam bagian handle.
e.      Handle (pegangan)
Handle yaitu area genggaman pada saat memegang refractometer yang dilengkapi dengan grip (permukaan kasar) agar tidak licin saat memegang alat tersebut. Handle berfungsi untuk area memegang refraktometer dan menjaga suhu tetap stabil.  Handle terbuat dari bahan karet karena karet merupakan bahan isolator yang tahan terhadap panas dan bahan karet dapat menjaga kestabilan suhu.
f.      Biomaterial Skip
Komponen tersebut berfungsi untuk menstabilkan suhu (200C) dengan range suhu 150C – 280C dan berada di bagian dalam handle.
g.      Skala
Skala berfungsi sebagai pembacaan specific grafity atau rapatan jenis(Sp G), indeks refraksi atau indeks bias (ND), dan konsentrasi suatu zat yang dianalisis. Skala berada di bagian dalam handle.
h.      Lensa Pembesar
Lensa pembesar berfungsi untuk melihat atau mempermudah ketajaman skala, serta berada di bagian dalam handle.
i.      Eye Pieces  berfungsi untuk melihat pembacaan skala dengan menggunakan detector mata.

C.PRINSIP REFRAKTOMETER


·        Hand Sugar Refraktometer.

1.cairan yang akan ditentukan kadar gulanya diteteskan ke prisma penguran dan dihimpit dengan prismapenerang.refraktometer diarahkan ketempat sumber sinar dan sinar akan mengenai cairan dan akan menjadi pembiasan sinar yang dibiaskan akan diarahkan oleh prisma pengarah.

2.mata akan melihat bayangan terang (kuning) dan bayangan gelap(hitam),,atur kedudukan lensa sampai diperoleh bayangan terang gelap yang tajam dan jelas.

3.alurkan garis batas antara bayangan terang gelap pada angka yang terdapat didalam skala yang menyatakan % gula dalam larutan.
·       ABBE Refraktometer
1.cairan yang akan ditentukan kadar gulanya diteteskan ke prisma penguran dan dihimpit dengan prismapenerang.refraktometer diarahkan ketempat sumber sinar dan sinar akan mengenai cairan dan akan menjadi pembiasan sinar yang dibiaskan akan diarahkan oleh prisma pengarah.
2.mata akan melihat bayangan terang (kuning) dan bayangan gelap(hitam),,atur kedudukan lensa sampai diperoleh bayangan terang gelap yang tajam dan jelas.
3.tempatkan garis batas gelap terang pada titik potong 2 garis silang dengan jalan kedudukan cermin bila garis batas. Gelap terang telah berada pada titik potong garis silang ,baru indeks bias dapat ditentukan dengan hasil 4 desimal.

  D. SKEMA KERJA REFRAKTOMETER

  NO ITEM (DI BUKU ADA )

  E.APLIKASI REFRAKTOMETER DALAM DUNIA INDUSTRI

Aplikasi refraktometer dalam dunia industri dan kesehatan

Setiap industri termasuk Makanan, Minuman, Wewangian, penggilingan Gula,Refining, Pengolahan, Minyak, Kimia, Farmasi, Flavor, Kosmetika, dan pengujianToksikologi, memiliki persyaratan aplikasi yang unik, kendala lingkungan dan isu-isu penanganan operator dengan yang bersaing.Oleh karena itu, salah satu aplikasi penggunaan refraktometer antara lain seperti berikut:

1.Dalam kedokteran hewan
     Dalam kedokteran hewan, Refraktometer yang digunakan untuk mengukur total protein  plasmadalam sampel darah dan  urin berat jenis.

2.Dalam diagnostik obat
    Dalam diagnostik obat, refraktometer yang digunakan untuk mengukur  berat  jenisdalam urin manusia.

3.Dalam gemmology
     Dalam gemmology, refraktometer yang digunakan untuk membantumengidentifikasi bahan permata dengan mengukur indeks bias mereka.

4.Dalam akuarium laut pembukuan
     Dalam kuarium laut pembukuan, refraktometer yang digunakan untuk mengukur salinitasdanberat jenisair. Para refraktometer 
HKI
  
   proses seri untuk memantau, merekam danmengendalikan konsentrasi padatan terlarut dalam garis proses. Para HKI secara akuratmengukur indeks bias, suhu, dan pembacaan dalam indeks, dikompensasikan Brix dankonsentrasi skala standar dan custom. Ini adalah refractometers refractometers sudutkritis dibangun di sekitar prisma safir dan foto berbagai resolusi dioda tinggi.Pengukuran indeks bias tidak dipengaruhi oleh warna atau kekeruhan sampel.



                                           

1 komentar: